• September 29, 2023
Pembahasan Capoeira Yaitu Seni Bela Diri di Brasil

Pembahasan Capoeira Yaitu Seni Bela Diri di Brasil

0 0
Read Time:5 Minute, 33 Second

Pembahasan Capoeira Yaitu Seni Bela Diri di BrasilKetika terdengar kata Brazil kita akan memikirkan tentang keberagaman budaya dan seni yang mengagumkan. Dari segi skill misalnya, kemampuan dan kecerdasannya dalam permainan bola sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pembahasan Capoeira Yaitu Seni Bela Diri di BrasilPembahasan Capoeira Yaitu Seni Bela Diri di Brasil

oragoo РSepak bola Brazil telah melahirkan pemain Рpemain yang sangat berbakat talenta yang luar biasa sampai terdengar di seluruh dunia. Misalnya Ronaldho, Kakà, Ronaldhino dan lain-lain.

Capoeira adalah seni bela diri yang dikembangkan sejak tahun 1500 oleh budak Afrika di Brazil. Gerakan Capoeira mirip dengan menari dan fokus pada tendangan. Adu capoeira biasanya diiringi musik dan disebut Jogo.

Capoeira merupakan seni bela diri yang berasal dari Brazil. Olahraga ini bukan sekedar seni bela diri, karena mencakup banyak aspek lain seperti musik, tari, ritual, pertarungan bahkan aspek kehidupan yang saling melengkapi.

Saat ini olahraga Capoeira menarik ribuan orang Masyarakat wisatawan bahkan pelajar dari luar benua pun sukses tertarik mempelajari ilmu bela diri ini. Karena orang-orang begitu bersemangat mempelajari olahraga ini sehingga mereka bekerja keras untuk mempelajari bahasa Brasil dan Portugis.

Di Indonesia terdapat seni bela diri Pencak Silat yang kemudian memunculkan komunitas Copoeira yang banyak peminatnya. Organisasi Capoeira terbesar di Indonesia adalah Capoeira Luanda Indonesia . Komunitas yang sama juga sangat terkenal di Indonesia.

Saatnya kita bersama-sama belajar seni bela diri Capoeira yang sangat populer di dunia. Karena selain bertahan, kamu juga bisa menari.

Pertempuran biasanya diiringi musik yang disebut jogo. Musisi memainkan alat musik Afrika dan menyanyikan berbagai lagu. Seiring perkembangannya, seni bela diri ini menjadi lebih dari sekedar budaya atau pertunjukan. Capoeira kini telah menjadi olahraga nasional Brasil.

Sejarah seni bela diri Capoeira

Capoeira adalah sistem seni bela diri tradisional yang didirikan di Brasil oleh budak Afrika dari Portugis dibawa bersama mereka ke Brasil. Mereka telah aktif di Brazil sejak abad ke-15.

Capoeira secara historis merupakan seni bela diri yang digunakan para budak untuk membela diri. Perkelahian mereka biasanya terjadi di kamp hutan yang artinya caa-puera dalam bahasa Tupi-Guarani (salah satu bahasa daerah Brazil) (beberapa ahli percaya bahwa inilah asal muasal nama Capoeira).

Seni bela diri Capoeira pernah dilarang, namun akhirnya diizinkan
Pada tahun 1888, perbudakan di Brasil berakhir dan para budak yang dibebaskan memutuskan untuk pindah ke kota. Namun, mereka tidak mempunyai pekerjaan untuk mendapatkan uang. Capoeira kemudian digunakan untuk melakukan kejahatan demi uang. Itu sebabnya Capoeira dilarang secara hukum pada tahun 1890. Setelah lebih dari 40 tahun, seorang guru bernama Mestre Bimba mengadakan pertunjukan capoeira. Pertunjukan tersebut menampilkan Presiden Brasil saat itu. Mestre Bimba berhasil meyakinkan pemerintah Brazil untuk melegalkan capoeira kembali. Akhirnya sekolah Capoeira pertama resmi dibuka pada tahun 1930. Toh olah raga ini cukup terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Teknik dasar bela diri Capoeira

Berikut ini beberapa jurus dasar bela diri Capoeira seperti Ginga, Fleet, Quellexada dan lain-lain:

1. Ginga (jin-gah)
Teknik ini merupakan teknik persiapan atau posisi sebelum memulai suatu gerakan menyerang. Teknik ini mempunyai gerakan yang bebas sehingga disebut gerakan individualistis. Di Capoeira regional, gerakan Ginga lebih terstruktur.

2. Armada
Ini adalah teknik penting yang harus dikuasai oleh capoerista. Teknik ini menitikberatkan pada gerakan menendang berputar yang memanfaatkan kekuatan otot tubuh dan momentum rotasi.

Saat melakukan teknik ini, putar badan terlebih dahulu lalu lihat lawan. Maka tendangannya bisa dieksekusi dengan benar.

3. Queixada (kay-sha-da)
Merupakan gerakan menendang berputar dari dalam ke luar atau kebalikan dari teknik passape.

Sasaran gerakan ini adalahwajah dan kepala. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang paling sederhana sehingga banyak digunakan.

4. Passape (pah-sah-pay)
Selanjutnya teknik ini menitik beratkan pada gerakan tendangan depan berbentuk setengah lingkaran yang dilakukan dari arah luar ke dalam.

Teknik ini sering digunakan sebagai serangan langsung dan juga dapat dikombinasikan dengan pergerakan armada. Area wajah lawan menjadi sasaran teknik ini.

Baca juga : 5 Pemain Brasil Yang Meraih Sukses Bersama Barcelona

5. Au
Ini adalah teknik menyerang dan bertahan. Teknik ini menjadi dasar berbagai kombinasi gerakan.

Teknik ini dilakukan dengan menekuk lengan dan kaki sambil menjaga punggung tetap melengkung. Jika dilakukan dengan sempurna, teknik ini akan membuat lawan tidak seimbang.

6. Esquiva
Merupakan teknik mengelak ketika lawan menyerang. Bentuk pertahanan dari teknik ini terdiri dari gerakan tubuh dan kepala untuk menghindari serangan musuh dalam bentuk apapun.

Capoeira Bela Diri Brasil

Manfaat

1. Melatih Kekuatan
Manfaat pertama adalah melatih kekuatan. Jika Anda ingin membentuk otot, capoera mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Capoera memerlukan banyak gerakan tubuh bagian atas yang membentuk tubuh, melatih kekuatan otot dan membuatnya lebih tegang.

2. Melatih Kelenturan
Capoeira melatih kelenturan tubuh, karena banyak gerakan yang memerlukan kelenturan yang hampir sama dengan yoga. Anda akan melatih otot-otot yang jarang digunakan dan mungkin mengalami kesulitan pada awalnya.

Namun, dengan berolahraga secara teratur Anda akan mencapai hasil yang maksimal dan Anda akan merasakan tubuh Anda lebih fleksibel.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berbeda dengan olahraga lainnya, Capoeira menggunakan banyak otot yang digunakan saat latihan. Semua gerakan membutuhkan banyak energi untuk dapat terkoordinasi dengan baik.

Hal ini meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot kardiovaskular dan pembuluh darah tubuh serta menjamin daya tahan tubuh yang lebih baik.

Capoeira membutuhkan kecepatan. Kecepatan gerak dan kepekaan terhadap gerakan di sekitar Anda.

4. Melatih Gerakan Menyerang
Gerakan capoeira itu seperti bela diri, dan Anda bisa melatih gerakan menyerang seperti tendangan, tendangan, dan lain-lain. Jadi saat berlatih, latih juga kecepatan dalam bergerak.

5. Melatih Keseimbangan Tubuh
Hampir seperti yoga, Capoeira juga melatih keseimbangan tubuh. Hal ini karena banyak gerakan yang mengharuskan Anda berdiri atau mengayuh terlalu tinggi dan pada saat yang sama berat badan Anda perlu ditopang di sisi lain tubuh Anda.

Gerakan capoeira dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat membakar lemak pada dinding pembuluh darah.

Jika Anda rutin melakukan Capoeira selama satu jam setiap hari / minggu, pemusnahan kalorinya bisa mencapai 500 kalori.

6. Menghilangkan Stres
Selain untuk latihan, Capoeira juga bisa digunakan untuk menghilangkan stres dan bersenang-senang. Pasalnya, latihan Capoeira biasanya diiringi musik dan tepuk tangan sehingga menimbulkan semangat.

Anda juga akan mendapat banyak teman dan terhubung dengan banyak orang, sehingga dapat menambah lebih banyak energi positif pada tubuh Anda.

7. Meningkatkan Koordinasi Tubuh
Capoeira adalah olahraga yang mencakup semua gerakan, seperti tari, yang memerlukan koordinasi. Gerakan lembut, terorganisir dan berirama meningkatkan koordinasi tubuh Anda.

8. Meningkatkan Sistem Kerja Otot
Gerakan dalam Capoeira antara lain menari, memutar badan, mendorong dan gerakan seperti terbang. Gerakan ini secara optimal dapat meningkatkan sistem kerja otot dan mempengaruhi metabolisme tubuh.

Dengan metabolisme yang cepat, penyerapan kalori tubuh juga berjalan lancar.

Ada banyak gerakan yang melatih keseimbangan dengan mengharuskan tubuh membungkuk dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini menarik perhatian ke bagian tubuh. Gerakan dasar ini membangun fisik tubuh bagian bawah yang kuat. Untuk otot yang lebih kuat, kombinasikan dengan lari pagi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %