• 24 April 2024
Merevolusi Olahraga dengan Augmented Reality

Merevolusi Olahraga dengan Augmented Reality

Merevolusi Olahraga dengan Augmented Reality – Augmented reality telah merambah banyak industri seperti pendidikan, manufaktur, ritel, dan perawatan kesehatan. Dalam olahraga, hal ini sering diabaikan oleh perusahaan dan konsumen, namun sekarang tidak lagi. Penggunaan augmented reality dalam olahraga akan membawa perubahan signifikan dalam konsumsi dan kenikmatan masyarakat terhadap acara olahraga.

 

Merevolusi Olahraga dengan Augmented Reality

Merevolusi Olahraga dengan Augmented Reality

oragoo – Ini juga memberikan informasi berharga bagi pemain dan pelatih profesional. Hal ini membantu meningkatkan kinerja mereka secara signifikan. Perusahaan dapat memanfaatkan potensi pasar yang besar dari industri olahraga dan hiburan di seluruh dunia. Augmented reality banyak digunakan di berbagai olahraga saat ini. Hal ini memberikan pengalaman luar biasa bagi para penggemar dan peluang ekonomi baru bagi perusahaan augmented reality.

Kasus penggunaan augmented reality dalam olahraga

Penerapan augmented reality dalam olahraga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para penggemar. Ini juga memberikan analisis penting bagi pelatih dan pemain untuk meningkatkan keterampilan bermain mereka. Berikut lima cara augmented reality dalam olahraga terbukti sangat berguna.

Pengambilan keputusan di lapangan

Augmented reality digunakan di banyak acara olahraga di seluruh dunia. Hal ini sangat meningkatkan pengalaman olahraga di arena bagi pemain dan penonton. Augmented reality telah meminimalkan kesalahan manusia yang dapat mengubah hasil suatu acara secara signifikan dan menawarkan peluang untuk fair play. Bahkan satu kesalahan manusia yang dilakukan seorang wasit bisa berdampak besar bagi pemain atau tim yang terlibat. Augmented reality menawarkan kemampuan untuk meninjau keputusan yang mungkin salah dinilai oleh pemain. Solusi augmented reality diterapkan dalam acara olahraga seperti Major League Baseball dan liga sepak bola di seluruh dunia.

Salah satu penerapan augmented reality yang paling umum dalam olahraga adalah sistem Hawk-eye. Hawk-eye adalah solusi augmented reality komputer yang digunakan dalam beberapa olahraga, termasuk tenis, bulu tangkis, sepak bola, dan bola voli. Teknik ini secara visual mengikuti lintasan bola atau benda lain untuk memprediksi jalur yang paling mungkin dilalui benda tersebut. Teknologi Hawkeye telah menjadi solusi populer bagi penyelenggara acara karena keakuratannya yang hampir sempurna.

Area lain di mana augmented reality dapat digunakan di stadion adalah untuk memberikan pengalaman interaktif bagi para penggemar. Panasonic memanfaatkan konsep ini dan menghadirkan solusi augmented reality di CES 2018.

Pelatih dan staf pendukung juga dapat menggunakan augmented reality untuk melatih pemain dan membuat strategi secara real-time. Hal ini memberikan pendekatan yang lebih realistis dibandingkan metode pena dan kertas tradisional. Augmented reality telah sepenuhnya mengubah pengalaman di dalam stadion baik bagi pemain maupun penonton. Perusahaan dapat menggunakan teknologi augmented reality untuk memberikan solusi yang lebih baik guna meningkatkan pengalaman arena.

Pelatihan

Pelatihan adalah bagian penting dalam karier setiap gamer profesional. Para atlet selalu berusaha meningkatkan permainannya untuk mencapai hasil yang lebih baik. Teknologi terbukti menjadi bonus tambahan saat berlatih. Augmented reality dapat sangat membantu para profesional selama pelatihan. Augmented reality dapat menampilkan informasi dalam lingkungan nyata atau menggabungkan informasi dengan video yang direkam sebelumnya. Ini membantu pemain lebih memahami gaya bermain mereka untuk meningkatkan permainan mereka.

Atlet dapat meningkatkan performanya dan menggunakan teknik yang lebih baik selama latihan menggunakan augmented reality. Teknik ini juga dapat digunakan untuk mempelajari strategi lawan dan merencanakan strategi balasan. Karena augmented reality menjadi lebih umum dalam olahraga, kualitas permainan secara keseluruhan akan meningkat, sehingga menghasilkan kompetisi yang menarik dan menghibur bagi para penggemar.

Augmented reality juga akan mengurangi risiko cedera pada pemain. Praktik praktis yang diadopsi oleh pemain dapat dianalisis menggunakan solusi augmented reality. Latihan yang terbukti membahayakan kondisi pemain bisa ditolak. Cedera bisa menjadi risiko besar bagi karier seorang pemain, bahkan terkadang mengakhirinya. Augmented reality dapat membantu meminimalkan atau bahkan menghilangkan risiko cedera, sehingga memperpanjang karier seorang profesional.

 

Baca juga : Berbagai Aplikasi Olahraga di Rumah

 

Penyiaran

Acara olahraga besar disiarkan dan ditonton di seluruh dunia. Pasar penyiaran olahraga diperkirakan akan menghasilkan $78,5 miliar pada tahun 2021 di Amerika Utara saja. Mayoritas orang menonton siaran olahraga besar di seluruh dunia. Augmented reality dapat memberikan siaran yang menarik bagi pemirsa rumahan dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas untuk stasiun penyiaran. Sebagian besar acara olahraga yang ditayangkan sudah memiliki teknologi augmented reality yang disematkan dalam bentuk grafik 3D dan konten interaktif lainnya.

Penyiar olahraga dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk memberikan analisis mendalam tentang permainan. Para ahli dapat menyarankan pemutaran alternatif menggunakan pengalaman dan pengetahuan mereka dengan melapisi data augmented reality pada pemutaran ulang video. Hal ini memberikan pemahaman yang lebih baik kepada penonton di rumah tentang permainan tersebut. Banyak penyiar olahraga besar seperti ESPN dan Fox sports telah menerapkan augmented reality dalam program siaran olahraga.

Pemasaran

Setiap acara olahraga memerlukan alat pemasaran yang sangat baik agar bisa sukses. Olahraga dan periklanan berjalan beriringan. Sebagian besar acara olahraga mempunyai sponsor dalam beberapa bentuk atau lainnya. Pendapatan utama pemain, tim, dan penyelenggara berasal dari sponsorship dan pemasaran produk. Perusahaan memiliki peluang besar untuk memasarkan produknya pada saat acara olahraga. Karena acara ini ditonton oleh orang-orang dari seluruh dunia, acara ini merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan produk kepada khalayak global.

Teknologi seperti augmented reality dapat memungkinkan periklanan yang imersif dan interaktif. Penerapan augmented reality dalam periklanan olahraga dapat membuat papan reklame, pamflet, atau poster apa pun, atau bahkan lapangan atau stadion menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, solusi augmented reality dapat membantu perusahaan mendapatkan informasi tentang pelanggan. Informasi ini sangat berguna untuk mengambil keputusan periklanan agar kampanye periklanan lebih personal. Oleh karena itu, penggunaan augmented reality dalam olahraga menyimulasikan keterlibatan penggemar dan dapat meningkatkan penjualan bisnis.

 

Baca juga : Pendekatan Jepang terhadap Regulasi AI dan Dampaknya

 

Augmented reality dapat digunakan bersama dengan siaran olahraga sebagai alat pemasaran. Baliho digital yang ditampilkan selama siaran bisa sangat berbeda dengan yang ditampilkan di lapangan. Hal ini memberi banyak bisnis peluang periklanan yang bagus sekaligus menekan biaya. Bisnis lokal dapat menampilkan iklan mereka di spanduk digital, yang dapat dilihat secara berbeda bergantung pada lokasi pemirsa.

DigiBOARD LED Hibrid Virtual adalah contoh bagus dari iklan bertarget yang menggunakan augmented reality. Iklan yang ditampilkan pada papan cincin LED dalam cakupan siaran sangat berbeda dengan iklan yang ditampilkan kepada penggemar di stadion di area target, serta siaran domestik dan saluran global.

Mainkan Olahraga Fantasi\ nOlahraga fantasi adalah mendapatkan popularitas yang sangat besar. Perusahaan dapat memasukkan solusi augmented reality ke dalam aplikasi olahraga fantasi mereka untuk memberikan pengalaman menarik bagi pengguna. “AR Sports” telah mematenkan solusi augmented reality yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi olahraga fantasi yang ada. Ini menggunakan teknologi geolokasi yang memungkinkan pengguna menemukan pemain dalam radius yang ada untuk bergabung dengan tim fantasi mereka.

Pemain yang tersedia berpindah dalam radius pengguna menggunakan algoritma pemilik acak. Mereka dapat mengatur notifikasi agar pemain favoritnya diberitahu ketika pemain favoritnya muncul dalam radius mereka. Ini juga menyediakan alat periklanan untuk bisnis, karena pengguna dapat menggeser dan mengambil logo atau iklan untuk merek dan produk favorit mereka. Perusahaan lain dapat memanfaatkan ide ini dan menawarkan solusi kreatif mereka sendiri untuk memberikan pengalaman pengguna yang serbaguna.

Augmented reality dalam olahraga telah meningkatkan performa dan kesenangan secara signifikan. Pemain, penonton, dan perusahaan olahraga bisa mendapatkan keuntungan besar dari augmented reality. Seiring kemajuan teknologi, penerapan augmented reality dalam olahraga menjadi tidak terbatas.