• 24 April 2024
Bagaimana Teknologi Mengubah Permainan Sepak Bola

Bagaimana Teknologi Mengubah Permainan Sepak Bola

Bagaimana Teknologi Mengubah Permainan Sepak Bola – Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat diperkenalkannya banyak inovasi teknologi dalam sepak bola profesional dengan tujuan memberikan manfaat baik di lapangan (yaitu meningkatkan kinerja olahraga) dan di luar lapangan (yaitu meningkatkan kinerja penggemar) pengalaman), yang tujuan utamanya adalah sukses dalam kompetisi.

 

Bagaimana Teknologi Mengubah Permainan Sepak Bola

Bagaimana Teknologi Mengubah Permainan Sepak Bola

oragoo – Hal ini terlihat jelas pada tahun 2020 ketika Inggris dinobatkan sebagai negara paling berpengaruh dalam teknologi olahraga di depan AS. Dalam artikel ini, pengacara teknologi kami membahas contoh-contoh penting penggunaan teknologi dalam sepak bola dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memperkenalkan dan menerapkan teknologi tersebut.

Menggunakan teknologi untuk meningkatkan kinerja

Banyak klub sepak bola kini menggunakan teknologi pintar yang dapat digunakan dalam latihan dan pertandingan untuk memperoleh dan menganalisis data pemain, yang selanjutnya dapat diperiksa oleh para ahli untuk memahami kelebihan dan kekurangan pemain. Artinya, data bisa sangat berharga.

Misalnya, STATSports, yang memiliki klien seperti Liverpool FC dan Arsenal FC, menawarkan kepada pelatih kemampuan untuk memantau data pemain secara real-time selama sesi latihan, termasuk berbagai metrik seperti akselerasi dan deselerasi , kecepatan rata-rata – rata-rata dan detak jantung serta kecepatan maksimum. penemuan.

Selain itu, staf dapat menetapkan persyaratan khusus untuk pemain individu, meningkatkan efisiensi pelatihan dan meningkatkan kinerja. Selain itu, Rezzi yang berbasis di Manchester, yang telah bermitra dengan Manchester City FC dan Juventus FC, menawarkan layanan berbasis teknologi . usul solusi yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja dan pengembangan pemain.

Salah satu produk Rezzil, Rezzil Index Test, menggunakan kombinasi perangkat keras (headset VR dan pelacak VIVE) dan perangkat lunak untuk menyediakan data dan statistik waktu nyata bagi klub. . untuk melihat para pemain melakukan serangkaian latihan virtual. Tujuan dari data dan statistik ini adalah untuk memberikan wawasan tentang berbagai bidang seperti pengambilan keputusan pemain, kesadaran spasial, fokus, dan keterampilan.

 

Baca juga : Sebuah Perjalanan Melalui Sejarah Teknologi Sepak Bola

 

Menggunakan teknologi untuk mencegah cedera

Berikut adalah contoh bagaimana teknologi juga digunakan untuk mengurangi risiko dan kejadian cedera:

  • E- Nano secara mandiri mengumpulkan dan memproses data permukaan dari lapangan sepak bola untuk memberikan informasi tentang berbagai bidang seperti tingkat kelembapan dan pemadatan tanah guna membantu pengelola lapangan mempertahankan kualitas lapangan tertinggi. Hal ini pada gilirannya meningkatkan kemampuan bermain lapangan dengan memfasilitasi permukaan yang lebih halus sehingga mengurangi risiko cedera dan
  • Solusi Motion Data Collective Orreco menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi pemain yang mencapai batas kemampuannya dan berpotensi mendekati cedera, yang berbunyi “solusi yang dapat mengidentifikasi 85% cedera hamstring dengan akurasi 86%”.

Meningkatkan pengalaman penggemar dengan teknologi

Sering dikatakan bahwa sepak bola tidak ada artinya tanpa penggemar, sehingga inovasi teknologi dalam olahraga tidak akan berarti apa-apa. . hanya untuk para pemain, namun juga untuk para penonton.

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa pengenalan Video Assistant Referees (VAR) terbukti kontroversial di kalangan banyak suporter, penggunaan Virtual Reality (VR) memungkinkan para penggemar untuk memiliki stadion seperti pengalaman dari kenyamanan rumah Anda sendiri.

Misalnya, Sky telah memperkenalkan Sky Worlds versi beta, yang memungkinkan penggemar menonton pertandingan Liga Premier dalam VR. Selain itu, Manchester City dan Sony akan menciptakan pengalaman bukti konsep (PoC) di Stadion Etihad virtual di mana para penggemar dapat berinteraksi dengan tim Liga Premier dan satu sama lain di metaverse.

Dalam hal pengalaman stadion, pada tahun 2018 Stadion Wembley menjadi stadion olahraga pertama di Inggris yang menawarkan sistem tiket nirsentuh, sehingga penonton dapat memasuki venue dengan tiket nirsentuh yang dapat ditemukan di Apple Wallet di iPhone dan Apple Watch.

Demikian pula, Liverpool FC akan menggunakan teknologi komunikasi jarak dekat (NFC) di Anfield, yang memungkinkan pendukung menyimpan tiket mereka di ponsel cerdas mereka untuk memasuki lapangan. Inovasi tersebut meningkatkan efisiensi memasuki stadion dan dengan demikian mengurangi waktu tunggu.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Di balik permukaan glamor dari inovasi teknologi sepak bola yang mutakhir, terdapat pertimbangan hukum dan peraturan yang menarik namun menantang yang harus diingat oleh individu dan organisasi. Kami telah membahas beberapa pertimbangan utama yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah akan menerapkan teknologi tersebut.

 

Baca juga : Alat AI untuk Merevolusi Layanan Kesehatan di Jepang

 

Informasi

Banyak teknologi di atas dan teknologi baru yang digunakan dalam sepak bola dan olahraga secara umum hampir seluruhnya bergantung pada informasi yang diberikan. mereka Informasi tersebut kemungkinan besar mencakup data pribadi dan, khususnya, kategori khusus data kesehatan atlet yang tunduk pada undang-undang perlindungan data.

Klub harus memastikan bahwa pengaturan kontrak yang sesuai ada untuk mendokumentasikan persetujuan yang diperlukan pemain untuk pengumpulan dan pemrosesan. data-data tersebut, terlepas dari pihak mana yang memiliki data tersebut (yang tentunya memiliki nilai signifikan), dan jaminan mengenai perlindungan yang tepat yang diterapkan terhadap informasi tersebut.

Kita telah melihat apa yang dapat terjadi jika prinsip-prinsip tersebut tidak dinyatakan secara jelas dalam Project Red. disepakati atau didokumentasikan. Sebuah kartu yang menghasilkan klaim dari lebih dari 850 pesepakbola profesional saat ini dan mantan (diduga bernilai ratusan juta pound) atas dugaan pengumpulan dan penggunaan bola sepak. data performa mereka dari perusahaan game, taruhan, dan pemrosesan data.

Menunggu hasil Project Red Card, kemungkinan besar keberhasilan aplikasi akan mewakili perubahan besar dalam kepemilikan data performa atlet dan berpotensi mengubah cara atlet melakukan eksploitasi. dan menggunakan data mereka.

Pelanggaran Data

Apa yang terjadi jika terjadi pelanggaran data terhadap penyedia teknologi yang mengakibatkan kebocoran atau pencurian data atlet tertentu? Mengingat pentingnya nilai dan kerahasiaan informasi tersebut, kemungkinan besar penyedia teknologi tersebut akan menjadi sasaran penjahat dunia maya.

Oleh karena itu, penting bagi klub sepak bola, ketika mereka ingin memperkenalkan teknologi tersebut, memastikan bahwa mereka memiliki langkah-langkah kontrak yang sesuai, seperti tanggung jawab yang tidak terbatas dari penyedia teknologi atau batasan jika terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kewajiban perlindungan data. dan memastikan bahwa penyedia teknologi memiliki sistem keamanan yang memadai untuk melindungi dari risiko tersebut.

Pemasaran

Saat startup dan UKM mengadopsi banyak teknologi baru yang digunakan dalam olahraga, mereka mungkin ingin mengumumkan kemitraan tersebut kepada publik. Persyaratan layanan penyedia teknologi kemungkinan besar mencakup klausul yang mengizinkan pengungkapan tersebut, sehingga klub harus berhati-hati dan mempertimbangkan sebelum menyetujui klausul tersebut.

Tersembunyi

Teknologi semacam itu terutama didasarkan pada pembelajaran berkelanjutan. informasi yang dimasukkan sebelumnya; oleh karena itu, ada kemungkinan klub pesaing akan mengadopsi teknologi yang sama dan mendapatkan manfaat dari informasi yang telah ditambahkan.

Oleh karena itu, bergantung pada daya tawar para pihak, klub mungkin ingin memasukkan klausul eksklusivitas dalam perjanjian komersial . dengan penyedia teknologi untuk memastikan bahwa klub pesaing tidak memperoleh keunggulan kompetitif dengan menggunakan teknologi yang sama.

Peraturan AI

Tampaknya pemerintah Inggris akan menerapkan peraturan atau undang-undang tentang penggunaan AI dalam waktu dekat, dan meskipun masih harus dilihat bagaimana peraturan tersebut akan mempengaruhi penggunaan AI, banyak dari dampak teknologi solusi yang diterapkan melibatkan AI, dan klub sepak bola harus waspada.