• September 29, 2023

Mengenal Capoeira Olahraga Bela Diri dari Brasil

Mengenal Capoeira, Olahraga Bela Diri dari Brasil

Mengenal Capoeira Olahraga Bela Diri dari Brasil РKetika berbicara tentang Brasil, hal pertama yang terlintas di benak kita adalah negara yang memiliki keragaman keterampilan dan seni. Misalnya saja dari segi kemampuannya, kemampuan dan kecerdasannya dalam permainan bola sudah tidak perlu diragukan lagi. Sepak bola telah menghasilkan banyak bintang berbakat dan bertalenta yang keterampilannya telah menyebar ke seluruh dunia. Misalnya Ronaldho, Kakà, Ronaldhino dan lain-lain.

Mengenal Capoeira Olahraga Bela Diri dari Brasil

Mengenal Capoeira, Olahraga Bela Diri dari Brasil

oragoo – Hal yang sama berlaku untuk olahraga khusus lainnya, misalnya Capoeira. Olahraga yang memadukan unsur tari dan pencak silat. Olahraga ini sangat terkenal tidak hanya di Brazil tetapi juga di luar negeri. Tahukah anda apa sebenarnya olahraga Capoeira?

Capoeira adalah seni bela diri yang dikembangkan oleh budak Afrika di Brazil sekitar tahun 1500. Gerakan dalam Capoeira mirip dengan tarian dan menitik beratkan pada tendangan. Capoeira biasanya diiringi dengan musik yang disebut sebagai jogo.

Capoeira merupakan sebuah Seni bela diri Brazil unik karena menggabungkan berbagai aspek seperti musik, tarian, ritual, perkelahian, dan aspek kehidupan lainnya.
Musiknya dimainkan dengan alat musik Afrika dan dinyanyikan dengan berbagai lagu. Saat ini, Capoeira menjadi tontonan, budaya dan olahraga kompetitif.

Bagi Anda yang ingin belajar Capoeira , terdapat banyak komunitas dan guru Capoeira profesional di Indonesia. Namun kenali dulu sejarah, teknik dasar, aturan dan istilahistilah penting dari Capoeira berikut ini, ya!

1. Sejarah Capoeira

Berdasarkan sejarah , Capoeira adalah olahraga yang dikembangkan oleh para budak keturunan Afrika. Mereka menggunakan Capoeira sebagai sarana untuk melarikan diri dari kondisi mereka sebagai pekerja paksa dan untuk membela diri.
Istilah Capoeira berasal dari kata caapuera , bahasa asli Brazil, yang berarti pertarungan yang terjadi di hutan.
Sedangkan perkembangan Capoeira dimulai di Indonesia, ketika seorang pelajar Australia bernama Simon memperkenalkan seni bela diri ini ke Yogyakarta sekitar tahun 1998. Hingga saat ini, sudah banyak kelompok dan komunitas penyuka Capoeira di Indonesia.

2. Teknik Dasar Capoeira

Ada beberapa dasar gerakan dalam Capoeira yang harus dikuasai oleh setiap pemain atau disebut dengan Capoerista yaitu:

1. La ginga Teknik adalah suatu persiapan teknik atau posisi sebelum melakukan gerakan menyerang. Teknik ini sebenarnya memanfaatkan gerakan bebas atau disebut gerakan individualistis. Namun, gerakan Ginga di Capoeira regional umumnya lebih terstruktur.

2.Teknik Fleet merupakan gerakan tendangan memutar yang menitikberatkan pada kekuatan otot dan momentum putaran tubuh capoerista. Dengan teknik ini pertamatama putar badan lalu lihat ke arah lawan. Kemudian melakukan tendangan ke arah lawan.

3.Teknik passape adalah gerakan dorong ke depan setengah putaran yang dilakukan dari arah luar ke dalam. Teknik ini digunakan untuk serangan langsung ke wajah lawan dan dapat dipadukan dengan gerakan cepat.

4.Teknik queixada adalah gerakan menendang yang berputar dari dalam ke luar, kebalikan dari passape. Sama seperti Passape, teknik Queixada menargetkanwajah dan kepala lawan.

5.Teknik au merupakan teknik dasar berbagai kombinasi gerakan. Teknik ini dapat berupa gerakan menyerang dan bertahan.
Cara melakukan teknik au adalah dengan menekuk lengan dan kaki belakang. Teknik ini bisa menyebabkan lawan kehilangan keseimbangan.

6.Teknik esquiva adalah teknik menghindar ketika lawan sedang menyerang. Fokus gerakannya ada pada badan dan kepala.

3. Aturan Permainan Capoeira

Ada tiga aturan umum dalam olahraga Capoeira , adalah sebagai berikut:
1.Dalam Capoeira tidak ada blok aktif untuk menghindari serangan lawan , tapi malah menggunakan teknik esquiva untuk menghindar.

2.Capoerista harus selalu bergerak, taktis, tidak monoton dan sudah merencanakan 23 gerakan selanjutnya untuk menghindar atau melakukan serangan balik. Tujuannya agar pergerakan lawan tidak mudah ditebak.

3.Dalam seni bela diri Capoeira , lawan bukanlah seorang musuh yang harus dihancurkan. Manfaatkan setiap peran dengan gerakan serangan dan jebakan yang menakjubkan.

Baca Juga – 5 Pemain Brasil Yang Meraih Sukses Bersama Barcelona

4. Istilahistilah dalam Capoeira

Ada beberapa istilah penting yang umum digunakan dalam seni bela diri Capoeira, yaitu:

1.Capoerista : orang yang mempelajari atau ikut serta dalam Capoeira.
2.Jogo : permainan yang dimainkan oleh Capoeristi .
3.roda : lingkaran manusia dalam capoeira , melambangkan lingkaran kehidupan manusia sebagai tempat ritual.
4.Drum : Pemimpin di atas Roda .
5.Jogador : Pemain dibutuhkan selama pertandingan.
6.Mestre : Pelatih Capoeira.
7.Abada : Seragam atau kostum yang dikenakan saat bermain Capoeira .
8.Cordao : sabuk yang Capoerista dipakai dalam kompetisi.

Manfaat Capoeira

Salah satu manfaat nyata yang dapat diperoleh adalah melatih kekuatan otot tubuh. Jika Anda ingin membentuk otot, Capoera mungkin bisa menjadi solusi yang tepat.

Capoera melibatkan banyak gerakan tubuh bagian atas yang mengencangkan tubuh, memperkuat otot dan membuatnya lebih kencang.

Capoeira melatih kelenturan tubuh, karena banyak gerakan yang memerlukan kelenturan, mirip dengan yoga. Anda akan melatih otot-otot yang jarang Anda gunakan dan Anda mungkin mengalami kesulitan pada awalnya.

Namun dengan berolahraga secara rutin, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan tubuh Anda akan terasa lebih fleksibel.

Seperti halnya yoga, Capoeira juga melatih keseimbangan tubuh. Pasalnya, banyak gerakan yang mengharuskan Anda berdiri secara bersamaan atau melangkah terlalu tinggi sehingga berat badan perlu ditopang pada sisi tubuh yang lain.

Gerakan capoeira dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat membakar lemak pada dinding pembuluh darah. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mencegah penyumbatan.

Selain untuk latihan, Capoeira adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan bersenang-senang. Pasalnya, latihan capoeira biasanya diiringi musik dan tepuk tangan sehingga menimbulkan semangat.

Anda juga akan mendapat banyak teman dan terhubung dengan banyak orang, sehingga dapat menambah lebih banyak energi positif pada tubuh Anda.

Jika Anda melakukan Capoeira selama satu jam, konsumsi kalorinya bisa mencapai 500 kalori.