• 24 April 2024
Fakta Tim Nasional Sepak Bola Brasil

Fakta Tim Nasional Sepak Bola Brasil

Fakta Tim Nasional Sepak Bola Brasil – Brazil merupakan negara yang mayoritas penduduknya memiliki kecintaan terhadap olahraga, salah satunya sepak bola.

Brasil adalah negara dengan tradisi sepak bola yang luar biasa. Bakat sepak bola terus bermunculan di negara Amerika Latin ini.  Statusnya sebagai raja sepak bola dibuktikan dengan meraih lima trofi Piala Dunia.

Fakta Tim Nasional Sepak Bola Brasil

Fakta Tim Nasional Sepak Bola Brasil

oragoo – Di mana pun turnamen Piala Dunia berlangsung, pemain berkebangsaan Brasil tim adalah tim yang selalu difavoritkan untuk meraih gelar juara dunia.

Juga pada Piala Dunia 2022 di Qatar, yang waktunya berbeda dari biasanya, Brasil masuk dalam tim unggulan.

Selain itu, gelar tim sepak bola terbaik dunia tetap dipertahankan. Dimana pada tanggal 6 Oktober 2022 FIFA resmi merilis peringkat sepak bola dunia dan Brazil berada di peringkat pertama FIFA. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat timnas Brasil mampu bersaing dengan timnas negara lain.

Fakta Timnas Brasil di Piala Dunia
Berikut beberapa fakta Timnas Brasil seiring berjalannya Piala Dunia yang dirangkum Tempo dari berbagai sumber.

1.Brasil adalah negara tersukses di Piala Dunia.

Timnas Brasil selalu berpartisipasi sejak turnamen empat tahunan ini pertama kali digelar pada tahun 1930. Brasil telah berpartisipasi di Piala Dunia 22 kali, memenangkan 5 gelar.

2.Gelar juara piala dunia terbanyak

Dengan raihan lima gelar, timnas Brasil menjadi satu-satunya yang menjuarai Piala Dunia FIFA di empat benua berbeda. Brasil telah memenangkan lima gelar Piala Dunia pada tahun 958, 1962, 1970, 1994 dan 2002.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 di Qatar merupakan edisi ke-22 sejak tahun 1930. Mengutip Al Jazeera, dalam sejarahnya hanya delapan negara yang memiliki piala memenangkan turnamen ini.

Brasil satu-satunya negara yang menjuarai Piala Dunia dengan lima gelar liga, gelar Kejuaraan Dunia terbanyak. Jerman dan Italia menyusul dengan masing-masing empat gelar. Argentina, Perancis dan Uruguay masing-masing telah memenangkan Piala Dunia dua kali, sementara Inggris dan Spanyol masing-masing menang sekali.

3.Memiliki squad dengan banyak pemain bintang

Keberhasilan Brasil menjadi negara peraih gelar Piala Dunia terbanyak tak lepas dari timnya yang selalu dipenuhi pemain handal. Kapanpun turnamen Piala Dunia berlangsung, Brasil hampir tidak pernah kekurangan pemain bintang.

Ada banyak pemain legendaris yang pernah dipercaya dan berhasil membantu Brasil sukses di berbagai turnamen termasuk Piala Dunia, seperti Ronaldo, Pelé, Ronaldinho, Roberto Carlos, Garrincha, Rivaldo, O Phenomenon, Kaka dan masih banyak lagi. lebih banyak lainnya.

Di Piala Dunia 2022, skuad Brasil dipenuhi pemain-pemain “mewah”. Anggap saja beberapa di antaranya adalah Alisson Becker, Marquinhos, Neymar, dan Vinicius Junior. Padahal, mereka selalu menjadi andalan klubnya masing-masing.

4.Julukan untuk timnas Brasil

Dalam sepak bola, nama panggilan sering digunakan oleh suatu tim. Pemberian julukan pada suatu tim biasanya disamakan dengan karakter atau kekuatan tim tersebut. Timnas Brasil dijuluki Selecao yang secara harafiah berarti “timnas”.

Selain Selecao, Brasil punya julukan lain yakni Tim Samba. Penggunaan tim samba sebenarnya mengacu pada tarian khas Brazil yaitu tari samba. Tarian ini merupakan tarian tradisional yang menjadi ikon dan identitas Brazil.

Kata samba pertama kali dikaitkan dengan tim nasional Brasil ketika Brasil memenangkan Piala Dunia pada tahun 1958, ketika Brasil menghadapi tuan rumah Swedia di final. Sebagai tuan rumah, otomatis Swedia mendapat partisipasi banyak suporter pendukung. Karena jumlah pendukung Brasil lebih sedikit daripada tuan rumah, untuk menunjukkan dukungan penuh mereka kepada tim mereka, mereka menari samba, meneriakkan kata “samba” untuk menyemangati para pemain di lapangan.

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, Negeri Samba tentu ingin kembali membawa pulang trofi Piala Dunia. Mereka mengerahkan pemain terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga – Skuad Brasil Peraih Mendali Emas di Tokyo 2020

Namun, keinginan tersebut tidak akan mudah. Apalagi jika melihat hasil yang diraih Brasil pada edisiedisi sebelumnya. Lantas bagaimana hasil Brasil di lima Piala Dunia terakhir?

1. Juara Piala Dunia 2002

Piala Dunia 2002 adalah kemenangan terakhir Brasil. Korea Selatan dan Jepang menjadi saksi kegigihan para pemain Brasil dalam meraih piala. Saat itu, Brasil mengawali Piala Dunia dengan bermain di Grup C melawan Turki, Kosta Rika, dan China.

Ketiga negara tersebut tidak memberikan perlawanan berarti hingga Brazil menjadi juara grup dengan nyaman. Di babak enam belas besar, Belgia, Inggris, dan Türkiye dikalahkan dengan mudah. Di final, Jerman menjadi korban keganasan anak asuh Luiz Felipe Scolari. Beberapa pemain bintang yang membela Brasil saat itu adalah Rivaldo, Ronaldinho, dan Ronaldo.

2. Tersingkir melawan Prancis di Piala Dunia 2006

Hadir saat juara bertahan Brasil mencoba di untuk mempertahankan gelarnya di Kejuaraan Dunia 2006. Kemajuannya bagus, setidaknya di babak penyisihan grup. Australia, Kroasia, dan Jepang sukses ditaklukkan tim besutan Carlos Alberto Parreira.

Brasil bertemu Ghana di babak 16 besar dan menang mudah 30. Di babak perempat final, nasib Brasil ditentukan saat bertemu Prancis. Ronaldinho dan kawankawan tak mampu membalas satusatunya gol Thierry Henry. Brasil pun harus memikul koper Piala Dunia yang saat itu berlangsung di Jerman.

3. Tersingkir di perempat final Piala Dunia 2010

Pada musim Piala Dunia 2010, Brasil datang ke Afrika Selatan dengan generasi baru di bawah asuhan Carlos Dunga. Di babak penyisihan grup, mereka menghadapi Portugal, Pantai Gading, dan Korea Utara.

Dengan dua kemenangan dan sekali imbang, Brasil lolos sebagai juara grup ke babak 16 besar. Kali ini Chile yang berhadapan dengan Brasil di babak 16 besar. Negara yang juga berasal dari Amerika Latin ini gagal menghentikan tim Samba.

Belanda menunggu Brasil mencapai perempat final. Negara Eropa ini berhasil membuat Robinho dan kawankawan gigit jari. Brasil kalah 2-1 dari De Oranje.

4. Kekalahan kandang di Piala Dunia 2014

Ambisi Brasil pulang kampung Dunia Piala Pokal semakin seru jika dimainkan di sana. Lebih spesifiknya, Piala Dunia 2014 berlangsung di negeri samba. Namun kenyataannya, ambisinya berakhir dengan kesedihan di penghujung turnamen.

Sebenarnya setelah mencapai babak perempat final, peluang mereka cukup bagus. Tahap tersingkirnya Brasil pada dua edisi sebelumnya. Namun di babak semifinal, Brasil tersingkir dan dipermalukan Jerman.

Pertandingan berakhir dengan skor 1-7 dan mungkin tidak akan terlupakan. Pada perebutan tempat ketiga, Brasil tampak kehilangan konsentrasi dan dikalahkan Belanda 30.

5. Gagal lagi di perempat final Piala Dunia 2018

Brasil berusaha Lupakan Mimpi Buruk tahun 2014 dan kembali ke misi Anda untuk memenangkan Piala Dunia 2018. Langkah mereka berjalan mulus hingga menjadi juara grup. Meksiko menjadi lawan Neymar dan kawankawan di babak 16 besar.

Wakil Concacaf itu juga kalah dari Brasil 20. Kemudian giliran Belgia yang bertemu Brasil di babak perempat final. Belgia, yang saat itu penuh dengan generasi emas, masih terlalu tangguh bagi Brasil.

Negeri Samba kembali kalah di babak perempat final setelah kalah 2-1. Ini kali ketiga Brasil gagal di perempatfinal dalam lima edisi terakhir.

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, Brasil lebih unggul terutama di lini depan. Namun, tidak banyak kandidat tim samba yang bisa menjadi juara.