• 24 April 2024
Bagaimana Teknologi Hawk-Eye Bekerja di Bulutangkis

Bagaimana Teknologi Hawk-Eye Bekerja di Bulutangkis

Bagaimana Teknologi Hawk-Eye Bekerja di Bulutangkis – Saya telah mengatakan di tempat lain bahwa ketika mereka dilatih sebagai wasit, hakim servis dan hakim garis, mereka hanyalah manusia biasa. Seperti manusia, mereka melakukan kesalahan.

 

Bagaimana Teknologi Hawk-Eye Bekerja di Bulutangkis

Bagaimana Teknologi Hawk-Eye Bekerja di Bulutangkis

oragoo – Jika ini terjadi, permainan bisa berubah menjadi kebingungan dan pertengkaran. Untungnya, teknologi hadir untuk menyelamatkan situasi ini. Dalam bulu tangkis, kami memiliki Hawk-Eye, yang bahkan lebih sulit lagi saat melakukan panggilan sulit!

Teknologi Hawk-Eye bekerja dengan mencocokkan gambar yang diambil dengan kamera di lokasi berbeda. Kamera ini memberikan pandangan sistematis dari berbagai sudut menggunakan triangulasi. Dengan melihat materi yang sama dari sudut yang berbeda, sistem dapat membuat materi tersebut tersedia untuk segera direproduksi. Sudut kamera yang berbeda memberikan pandangan menyeluruh kepada wasit tentang segala sesuatu mulai dari tempat bulutangkis mendarat hingga mengenai net atau tidak.

Itu adalah sesuatu yang sangat teknis dan sangat penting dalam bulutangkis. Tapi apa itu? Mari kita hilangkan pertanyaan tersebut sebelum kita melihat bagaimana teknologi Hawk-Eye menyelamatkan permainan!

Apa itu teknologi Hawk-Eye?

Teknologi Hawk-Eye ditambahkan ke kotak peralatan wasit bulu tangkis pada tahun 2014. Namun teknologi ini sudah ada sejak tahun 2001, dan kriket adalah olahraga pertama yang memanfaatkan inovasi ini.

Teknologi Hawk-Eye adalah sistem visi komputer milik Sony yang melacak lintasan peluru dan mencatat posisinya di berbagai titik. . Hal ini dicapai dengan menggunakan beberapa bahan yang bersama-sama membentuk profil tiga dimensi peluru. Dengan melakukan triangulasi gambar, Hawk-Eye mengungkap lokasi asli peluru, penerbangan atau lintasan, dan lokasi akhir. Lebih penting lagi, ini menunjukkan mereka dari beberapa sudut pandang berbeda. Fitur ini memungkinkan wasit, seperti wasit bulu tangkis, untuk melihat panggilan yang disengketakan untuk kedua kalinya dan membuat panggilan yang lebih akurat berdasarkan rekaman tersebut.

Beberapa kamera ditempatkan di berbagai lokasi di sekitar lapangan untuk memberikan umpan video ke Hawk-Eye. Tergantung pada olahraganya, kamera bisa memiliki enam.

Representasi 3D lintasan peluru dibuat sedetail mungkin. Sebagai bonus, gambar 3D dari lintasan dan pendaratan pukulan dapat diputar ulang berkat sistem pemutaran multi-sudut teknologi.

Kemampuan Hawk-Eye memungkinkan pejabat teknis di banyak cabang olahraga untuk melakukan panggilan penting – panggilan yang mungkin tidak dilakukan dibuat sebelum teknologi tersebut diperkenalkan pada tahun 2001. Karena keakuratan teknologi ini, para pejabat mengadopsinya sebagai bagian dari furnitur mereka. Olahraga yang telah menggunakan teknologi Hawk-Eye antara lain sepak bola, tenis, kriket, dan sepak bola Australia.

 

Baca juga : Strategi Komputasi Internet of Things pada Olahraga Bulutangkis 

 

Kapan Hawk-Eye digunakan dalam bulu tangkis?

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah lama menggunakan Sistem Tinjauan Instan (IRS). ada kebingungan di pengadilan. BWF telah mencoba teknik IRS lainnya di masa lalu. Teknologi Hawk-Eye diperkenalkan baru-baru ini. Secara khusus, sistem Hawk-Eye dan kamera definisi tinggi baru muncul di lapangan bulutangkis pada tahun 2014. Sejak diperkenalkan, sistem ini telah digunakan di banyak kasus.

Hawk-Eye digunakan di bulu tangkis untuk membantu ofisial menentukan apakah sebuah bola bulutangkis masuk atau keluar. . Hal ini sangat berguna ketika hakim garis yang terlibat dalam panggilan tiba-tiba tidak terlihat. Karena keakuratannya, Hawk-Eye digunakan untuk membantu panggilan jalur kritis, sehingga menambah kredibilitas keputusan yang dibuat oleh pejabat teknis seperti wasit dan wasit.

Di turnamen besar BWF, Hawk-Eye terutama digunakan sebagai garis. panggilan telepon Namun, keakuratan dan kemampuan Hawk-Eye dalam menghasilkan frame hingga hitungan detik mungkin memiliki kegunaan lain selain pelacakan bulu tangkis.

Misalnya, Hawk-Eye dapat digunakan untuk mengonfirmasi servis yang buruk. Bagaimana? Ingatlah bahwa menurut Aturan Layanan BWF 9.1.5, tepi yang benar adalah tempat raket menyentuh bagian bawah bulutangkis, bukan area bulu. Jika snap menyentuh snap sebagai bagian pertama, itu merupakan kesalahan servis.

Juri servis tidak selalu melihat bagian mana dari snap yang dipukul pertama kali saat melakukan servis. Itu sebabnya teknologi Hawk-Eye dapat membantu memastikannya.

Singkatnya, dalam situasi bulutangkis apa pun yang membuat panggilan menjadi sulit, selalu Hawk-Eye – dan tentu saja wasit mempunyai kebijaksanaan.

Apakah Hawk-Eye akurat ?

BWF menggunakan berbagai sistem dan teknik untuk IRS. Hawk-Eye adalah IRS yang saat ini dipilih oleh BWF untuk turnamen mereka, terutama di level tertinggi. Hal ini disebabkan oleh keakuratan sistem.

Hawk-Eye akurat. Kemampuan penyebaran grafis sistem menerima data dari setidaknya enam kamera berkecepatan tinggi yang terletak di titik-titik strategis. Kamera-kamera ini menerima berbagai bingkai yang memberi makan sistem komputer yang menghitung lintasan dan posisi penerbangan. Perhitungannya menghasilkan representasi grafis yang menunjukkan posisi tepat bola bulutangkis dengan margin kesalahan hanya 3,6 mm.

Namun, ada beberapa insiden dalam bulutangkis yang merusak reputasi teknologi Hawk-Eye . . Kasus kesalahan Hawk-Eye yang terbaru dan kontroversial terjadi pada turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2021. Insiden tersebut terjadi pada pertandingan semifinal ganda putra antara Indonesia dan Malaysia.

Pertandingan berlangsung antara Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia dan Kevin. Sanjaya Sukamuljo dan Ong Yew Sin dari Malaysia dan Teo Ee Yi. Tim Malaysia melakukan kesalahan servis yang awalnya diberitahukan oleh hakim servis dan dikonfirmasi oleh semua orang di lapangan. Namun, tim Malaysia memprotes seruan tersebut, sehingga Hawk-Eye segera memberikan peninjauan.

 

Baca juga : Definitif Robot dan AI dalam Budaya Jepang

 

Setelah peninjauan tersebut, Hawk-Eye memberi isyarat bahwa bulu tangkis dipertaruhkan setelah servis. Artinya, yang membuat cemas tim Indonesia dan seluruh penonton, tim Malaysia berhasil meraih poin yang telah ditentukan.

Tentu saja itu sebuah kesalahan, tapi akui saja. Menemukan pendaratan bulutangkis yang tepat dengan margin sekecil itu bukanlah hal yang mudah dengan teknik kontrol kecepatan apa pun. Yang lebih mengesankan lagi adalah Hawk-Eye memberikan akurasi ini secara teratur – dan dalam berbagai olahraga selain bulu tangkis!

Cara Meningkatkan Bulu Tangkis Hawk-Eye

Badminton meningkat seiring dengan setiap teknik. Hal ini memang benar adanya. Hawk-Eye ketika BWF memilihnya untuk Sistem Tinjauan Cepatnya.

Hawk-Eye dapat meningkatkan kualitas bulu tangkis dengan membantu ofisial memvalidasi panggilan mereka. Dengan membandingkan apa yang dilihat pejabat pengadilan dengan rekaman yang disediakan oleh Hawk-Eye, para pejabat meningkatkan keakuratan panggilan mereka. Hal ini pada gilirannya menambah kredibilitas wasit dan keputusan mereka, yang dapat menentukan hasil pertandingan. Jika materi sudah siap dan tersedia, presentasi setelah pidato mungkin lebih singkat.

Sebelum menerapkan Hawk-Eye atau teknologi lainnya dalam sistem audit, pejabat BWF harus mengandalkan pengalaman dan pelatihan mereka. Tanpa Pemutaran Ulang Instan, para ofisial tersebut tidak perlu mengeluh saat melakukan panggilan telepon.

Dengan Hawk-Eye, para ofisial memiliki sesuatu untuk dijadikan acuan ketika terjadi kebingungan atau kontroversi di lapangan. Hal ini memungkinkan para pejabat untuk mengkonfirmasi atau membatalkan keputusan mereka dan membuat keputusan yang lebih baik, sehingga menghasilkan keputusan atau keputusan yang tidak terlalu kontroversial – setidaknya dalam banyak kasus.

Mungkin salah satu cara Hawk-Eye yang paling terlihat meningkatkan kualitas bulutangkis adalah dengan memungkinkan adanya tindakan . segera lanjutkan. Mungkin perlu beberapa waktu bagi para ofisial untuk berdiskusi di antara mereka sendiri apakah bulu tangkis akan diikutsertakan atau tidak. Hal ini dapat menyebabkan mereka membutuhkan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Hawk-Eye mengizinkan juri turnamen untuk meninjau rekaman dan membuat keputusan. Hal ini memungkinkan permainan untuk segera dilanjutkan.