• 24 April 2024

Olahraga Terpopuler Di Brasil

Olahraga Terpopuler Di Brasil

Olahraga Terpopuler Di Brasil – Tidak sulit untuk mengatakan bahwa sepak bola – atau sepak bola, sebagaimana orang Amerika menyebutnya – adalah disiplin ilmu yang paling populer atlet di Brasil. Namun, modalitas lain juga mendapatkan daya tarik dan pendukung. Cari tahu di artikel ini apa olahraga utama orang Brasil.

 

Olahraga Terpopuler Di Brasil

Olahraga Terpopuler Di Brasil

 

oragoo – Ada pepatah populer di Brasil bahwa setiap anak bermimpi menjadi pesepakbola profesional. Hal ini mungkin tidak sepenuhnya benar, namun hal ini menunjukkan banyak hal mengenai preferensi olahraga lokal. Sepak bola adalah gairah nasional, namun saat ini bagi banyak orang, sepak bola bukan satu-satunya.

Olahraga lain menjadi semakin populer karena beberapa alasan. Tidak ada keraguan bahwa kenyamanan menonton apa pun menjadi faktor penting saat ini, terutama karena lembaga penyiaran menyiarkan kompetisi internasional dalam berbagai mode dan berkat layanan live streaming.

Sayangnya, Brasil tidak memiliki angka terkini atau peringkat yang dapat diandalkan yang dapat mengukur dengan jelas olahraga terpopuler di negara tersebut. Data terbaru yang tersedia berasal dari tahun 2006, namun banyak olahraga – seperti seni bela diri campuran – menjadi terkenal setelah periode tersebut.

Karena tidak mungkin menghitung secara tepat berapa kali setiap olahraga dilakukan, daftar berikut juga mencakup olahraga yang paling sering dilihat. Meskipun tidak memberikan gambaran pasti, namun memberikan gambaran lengkap tentang hubungan antara masyarakat Brasil dan olahraga saat ini.

1) Sepak bola

Sepak bola adalah olahraga favorit Brasil, titik. Menurut FIFA (Fédération Internationale de Football Association), terdapat 13,2 juta pemain sepak bola di Brasil, belum termasuk mereka yang bermain sepak bola hanya untuk bersenang-senang. Brasil dianggap sebagai rumah bagi beberapa pemain paling berbakat di dunia dan merupakan satu-satunya tim nasional yang memenangkan lima gelar Piala Dunia FIFA.

Selain itu, pertandingan sepak bola merupakan jam tayang utama di beberapa saluran televisi terbesar di Brasil, dan setiap empat tahun, saat Piala Dunia FIFA berlangsung, sebagian besar warga Brasil diperbolehkan bekerja paruh waktu atau non- dasar permanen. segalanya – saat tim nasional bermain.

2) Bola Voli

Tidak ada olahraga lain yang bisa menandingi popularitas sepak bola, namun bola voli mungkin yang paling mendekati. Tidak hanya olahraga ini yang paling sering dimainkan oleh anak perempuan di negara ini, namun juga merupakan salah satu dari sedikit olahraga yang disiarkan secara rutin di televisi free-to-air.

Ketika Atlas do Esporte Brasileiro diterbitkan pada tahun 2006 , dokumen penelitian tentang praktik olahraga di Brazil, terdapat 15,3 juta atlet di negara tersebut, baik profesional maupun amatir. Badan-badan yang bertanggung jawab atas olahraga tersebut percaya bahwa jumlah ini telah meningkat sejak saat itu.

3) Berenang

Tidak sulit memahami mengapa berenang begitu populer di negara dengan garis pantai sepanjang lebih dari 7.000 km. Biasanya orang jarang menonton pertandingan renang, kecuali saat sedang berlangsung Olimpiade atau Pan American Games, namun jumlah perenang di Brazil sangat banyak: kebanyakan dari mereka belajar berenang di usia muda. Mungkin penting untuk diketahui bahwa bagi sebagian orang Brasil, mungkin terasa aneh jika mengatakan bahwa Anda tidak bisa berenang.

4) Atletik

Atletik bukanlah olahraga tunggal, melainkan sekelompok olahraga, yang berkontribusi terhadap popularitasnya. Namun, di banyak sekolah negeri, berbagai bentuk lari dan lompat didorong oleh para guru, bahkan ketika para pesaing mengeluh bahwa pemerintah tidak berinvestasi pada pesaing profesional.

5) Futsal dan Sepak Bola Pantai

Futsal dan sepak bola pantai – dikenal sebagai Futebol de Areia – adalah variasi olahraga paling populer di negara ini dan dikembangkan di Brasil. Yang pertama mengacu pada sepak bola dalam ruangan, di mana setiap tim hanya memiliki lima pemain dan lapangan bermainnya lebih kecil dari lapangan bermain normal.

Lapangan ini sangat populer di kalangan pelajar muda karena lebih mudah menemukan lapangan dalam ruangan daripada lapangan sepak bola. Yang kedua adalah versi sepak bola yang dimainkan di lapangan pasir. Banyaknya pantai juga menjelaskan popularitas olahraga ini.

6) Judo

Meskipun judo tidak setenar olahraga serupa lainnya di Brasil saat ini, judo dianggap sebagai seni bela diri yang paling banyak dipraktikkan di negara tersebut. Atlas do Esporte Brasileiro tahun 2006 menyatakan bahwa lebih dari 2 juta orang berlatih judo, yang awalnya ditemukan di Jepang. Anak-anak dan remaja merupakan bagian penting dari jumlah praktisi.

7) Capoeira

Meskipun Capoeira diakui sebagai olahraga, ada yang mengatakan itu lebih merupakan tarian atau sekadar ekspresi budaya. Ini muncul sebagai cabang dari tarian dan ritual yang dikembangkan oleh budak Afrika selama masa kolonial Brasil.

Saat ini, orang-orang dari berbagai usia dan latar belakang ekonomi berlatih Capoeira karena dianggap sebagai kegiatan yang bermanfaat karena meningkatkan refleks, sirkulasi darah, dan koordinasi motorik. Ketika Atlas do Esporte Brasileiro , dokumen yang mempelajari praktik olahraga di Brasil, diterbitkan pada tahun 2006, terdapat 6 juta atlet di negara tersebut.

8) Berselancar

Saat ini terdapat peselancar profesional Brazil yang terkenal, seperti Gabriel Medina, namun selancar lebih populer sebagai olahraga amatir. Brasil memiliki beberapa pantai tempat Anda dapat berlatih olahraga ekstrem ini dan merupakan salah satu olahraga ekstrem paling populer di negara tersebut. Sulit untuk tidak menemukan peselancar saat mengunjungi pantai Brasil. Variasi olah raga seperti bodyboarding dan standup paddling juga populer.

9) Skateboarding

Seperti di negara lain, skateboard sebagian besar dilakukan oleh kaum muda, meskipun ada pula yang lebih tua. Brasil adalah rumah bagi atlet terkenal seperti Sandro Dias dan Bob Burnquist, dan menjadi tuan rumah turnamen besar seperti X Games telah membantu meningkatkan popularitas olahraga tersebut. Namun pengaruhnya terbatas pada wilayah perkotaan.

 

Olahraga Terpopuler Brasil

 

10) Bola Basket

Brasil mungkin juga memiliki pemain bola basket terkenal: Oscar Schmidt, yang dikenal sebagai “Mano Santa” atau Mão Santa. Dia mungkin juga mendapatkan popularitas melalui gelar-gelar terkenal seperti medali di Pan American Games 1987 melawan Amerika Serikat. Namun puncak popularitas olahraga ini mungkin akan tercapai saat ini.

Meskipun Brasil belum dianggap sebagai negara yang kuat dalam bola basket, perekrutan pemain Brasil oleh National Basketball Association (NBA), penyebaran olahraga yang lebih luas, dan bahkan penjadwalan pertandingan NBA di Brasil adalah beberapa contohnya. itu merupakan pendongkrak popularitas terbesar saat ini.

11) Ping Pong

Jangan meremehkan Ping Pong. Modalitas ini bukanlah olahraga yang paling banyak ditonton di Brasil, tetapi sering dilakukan oleh para amatir. Data tahun 2006 menunjukkan bahwa tenis meja merupakan olahraga ketiga yang paling banyak dimainkan di Brasil, dengan 12 juta atlet, disusul sepak bola dan bola voli.

Federasi Tenis Meja Brasil (CBTM) menyatakan saat ini terdapat 24 juta pemain tenis meja, termasuk amatir, berdasarkan perhitungan jumlah meja yang terjual. Namun, hanya 24.000 pemain yang terdaftar di CBTM.

12) Bola tangan

Bola tangan, bersama dengan sepak bola dan bola voli, adalah salah satu olahraga yang paling sering diajarkan di sekolah-sekolah Brasil. Namun, praktik di negara ini sangat terbatas karena kurangnya kompetisi profesional yang terstruktur. Pemain dengan potensi lebih besar biasanya meninggalkan Brasil untuk bermain di luar negeri, namun baru-baru ini, misalnya, hasil bagus di Olimpiade telah membangkitkan minat terhadap modalitas ini.

13) Seni Bela Diri Campuran

Seni Bela Diri Campuran, yang dikenal hanya sebagai MMA, mungkin merupakan salah satu olahraga yang paling populer akhir-akhir ini dan mendapat manfaat terutama dari keberhasilan Ultimate Fighting Championship (UFC) di Brasil.

Berkat kesuksesan banyak petarung asal Brasil, seperti Anderson Silva dan José Aldo, jumlah penggemarnya telah bertambah secara mengesankan. Latihan MMA tidak meningkat seperti jiu-jitsu Brasil, namun banyak orang Brasil pergi ke bar pada larut malam untuk menonton pertarungan. Hal ini menyebabkan UFC membawa beberapa acara ke Brasil dan juga mengarah pada pembuatan acara televisi realitas UFC versi Brasil.

14) Tenis

Tenis adalah salah satu olahraga yang dikaitkan dengan orang terkaya di Brasil. Seperti golf dan menunggang kuda, olahraga ini tidak dilakukan oleh banyak orang dan jumlah penontonnya relatif sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk Brazil.

Tenis menjadi semakin populer di akhir tahun 1990an dengan penampilan Gustavo Kuerten dan dalam beberapa tahun terakhir telah mendapatkan beberapa penggemar yang mendukung pemain asing seperti Novak Djokovic, Roger Federer dan Rafael Nadal.

15) Balap mobil

Selain bola voli dan tentu saja sepak bola, ini adalah salah satu dari sedikit olahraga yang disiarkan secara rutin di saluran televisi free-to-air. Mode paling populer adalah Formula 1, namun olahraga balap lainnya seperti Stock Car juga sedang naik daun. Bentuk olahraga yang paling umum dilakukan oleh para amatir adalah karting.