• 24 April 2024
Manfaat Seni Bela Diri Brazil “Capoeira”

Manfaat Seni Bela Diri Brazil “Capoeira”

Manfaat Seni Bela Diri Brazil “Capoeira” – Capoeira itu adalah seni. Diri orang Brasil unik karena menggabungkan berbagai aspek seperti musik, tarian, ritual, perkelahian, dan aspek kehidupan lainnya. Pertarungan Capoeira biasanya disebut Jogo dan selalu diiringi musik. Instrumen Afrika digunakan untuk memainkan lagu ini dan berbagai lagu dinyanyikan. Saat ini Capoeira telah menjadi olahraga hiburan, budaya dan kompetitif.

 

Manfaat Seni Bela Diri Brazil “Capoeira”

Manfaat Seni Bela Diri Brazil “Capoeira”

 

oragoo – Saat ini kita hidup di dunia yang serba cepat dan penuh tekanan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menemukan cara efektif untuk mengurangi stres dan menjaga kesehatan pikiran, tubuh, dan jiwa. Salah satu caranya adalah melalui seni bela diri tradisional Brazil “Capoeira”.

Capoeira adalah seni bela diri yang berasal dari Brazil yang meliputi gerakan akrobatik, tari dan musik. Selain itu, Anda akan mempelajari teknik pertahanan diri dan serangan yang menggabungkan unsur seni, olahraga, dan budaya Brasil. Gerakan capoeira dilakukan dalam bentuk lingkaran yang disebut “roda”. Di sini Anda berinteraksi dengan sesama pemain mengikuti irama musik yang dimainkan oleh orang-orang yang duduk di sekitar Anda.

Berdasarkan cerita , Capoeira adalah olahraga yang ditemukan oleh budak Afrika. Mereka menggunakan Capoeira untuk melarikan diri dari kerja paksa dan membela diri. Istilah Capoeira berasal dari kata caapuera , bahasa asli Brazil dan berarti pertarungan yang terjadi di hutan.

Sedangkan perkembangan Capoeira dimulai di Indonesia ketika seorang pelajar Australia bernama Simon memperkenalkan seni bela diri tersebut ke Yogyakarta sekitar tahun 1998. Hingga saat ini, terdapat banyak kelompok dan komunitas penyuka Capoeira di Indonesia.

Teknik Dasar Capoeira

Ada beberapa teknik dasar Gerakan dalam Capoeira yang harus dikuasai oleh setiap pemain atau yang disebut dengan Capoerista yaitu:

Yang Ginga Teknik adalah persiapan teknis atau sikap sebelum melakukan gerakan menyerang. Teknik ini sebenarnya menggunakan gerakan bebas atau disebut dengan gerakan individualistis. Namun, gerakan Ginga regional di Capoeira umumnya lebih terstruktur.

Teknik Armada adalah gerakan menendang melingkar yang berfokus pada kekuatan otot dan dorongan rotasi tubuh capoerista. Teknik ini dilakukan dengan cara memutar badan terlebih dahulu kemudian menghadap lawan. Kemudian berikan tendangan ke arah lawan.

Passape

Teknik queixada adalah gerakan menendang yang berputar dari dalam ke luar, kebalikan dari passby. Sama seperti Passape , teknik Queixada juga menargetkanwajah dan kepala lawan. Metode AU merupakan metode utama untuk berbagai kombinasi gerakan. Proses ini dapat berupa gerakan ofensif dan defensif.

Cara melakukan teknik au adalah dengan menekuk lengan dan kaki belakang. Teknik ini bisa menyebabkan lawan kehilangan keseimbangan. Teknik esquiva merupakan teknik yang harus dihindari ketika lawan menyerang. Fokus gerakannya ada pada badan dan kepala.

Aturan Permainan Capoeira

Ada tiga aturan umum dalam olahraga Capoeira , adalah sebagai berikut:

1. Dalam Capoeira tidak ada Blok aktif untuk menghindari serangan lawan , namun menggunakan teknik esquiva untuk menghindar.

2. Capoerista harus selalu bergerak, taktis, tidak monoton dan sudah merencanakan 23 gerakan selanjutnya untuk menghindar atau melakukan serangan balik. Tujuannya agar sulit memprediksi pergerakan lawan.

3. Dalam seni bela diri Capoeira lawan bukanlah musuh yang harus dihancurkan. Manfaatkan setiap peran dengan gerakan serangan dan jebakan yang menakjubkan.

Capoeira tidak hanya tentang seni bela diri, tetapi juga tentang nilai-nilai sosial, pendidikan, dan solidaritas yang kuat. Menurut situs Red Bull, Capoeira mempunyai manfaat luar biasa lainnya selain kemampuannya dalam menghilangkan stres. Baca artikel ini dan temukan 5 manfaat luar biasa Capoeira!

1. Alat Peraga

Capoeira adalah alat peraga yang luar biasa. Melalui pelatihan Capoeira Anda akan belajar tentang kekayaan sejarah dan budaya Brasil. Anda akan mempelajari berbagai gerakan dan teknik seni bela diri yang unik dan memahami pentingnya kerja sama dan keberanian.

Seni bela diri ini juga mengajarkan Anda rasa percaya diri dan kesabaran. Dengan mengikuti pelatihan Capoeira, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendalam.

 

Baca juga : Tim Sepak Bola Nasional Brasil

 

2. Membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Capoeira adalah seni yang sangat sosial. Saat Anda bergabung dengan grup Capoeira, Anda bertemu orang-orang dari latar belakang dan budaya berbeda. Kegiatan ini membangun ikatan sosial yang kuat dan memperluas jaringan pertemanan Anda.

Dalam grup Capoeira Anda akan belajar bekerja sama sebagai sebuah tim, saling mendukung dan memotivasi. Ini akan membantu Anda menjadi lebih terbuka, percaya diri, dan mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik.

3. Mengajar untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu

Capoeira merupakan perpaduan harmonis antara gerakan tubuh, musik dan seni pertunjukan. Dengan Capoeira Anda akan belajar memadukan gerakan akrobatik, tari, dan teknik bela diri.

Selain itu, Anda juga akan belajar memainkan berbagai alat musik tradisional Brazil seperti berimbau, pandeiro dan agogo. Melalui pelatihan Capoeira Anda akan meningkatkan keterampilan motorik, koordinasi tubuh, dan ritme musik Anda. Kemampuan untuk menggabungkan berbagai disiplin ilmu ini meningkatkan fleksibilitas dan kreativitas Anda di luar pelatihan Capoeira.

 

Bela Diri Brazil “Capoeira”

 

4. Dapat mengurangi stres

Salah satu manfaat terbesar Capoeira ditandai dengan kemampuannya menghilangkan stres. Selama latihan Capoeira, Anda fokus pada gerakan tubuh dan ritme musik yang menciptakan energi positif.

Ini membantu Anda mengalihkan perhatian dari pikiran negatif dan kekhawatiran sehari-hari. Selain itu gerakan Capoeira juga membantu melatih keseimbangan tubuh dan menguatkan otot. Latihan Capoeira secara teratur dapat membantu mengurangi ketegangan fisik dan mental, sehingga menimbulkan perasaan rileks dan damai.

5. Aktivitas fisik lengkap

Capoeira adalah aktivitas fisik lengkap. Gerakan Capoeira melibatkan hampir seluruh bagian tubuh, termasuk lengan, kaki, perut, dan badan. Dalam setiap sesi latihan Capoeira Anda akan merasakan peningkatan kekuatan, kelenturan dan daya tahan.

Latihan capoeira juga mencakup latihan kardio intensif, membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pernafasan. Selain itu, aktivitas fisik ini juga dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dalam kehidupan yang penuh stres dan rutinitas yang melelahkan, Capoeira bisa menjadi perubahan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi Anda. Melalui Capoeira Anda dapat memperoleh manfaat pendidikan dan menjaga kebugaran fisik Anda secara keseluruhan. Jadi jangan ragu untuk mencoba Capoeira dan rasakan efek menguntungkannya bagi tubuh, pikiran dan jiwa.

Istilah Istilah Capoeira

Ada beberapa istilah penting yang biasa digunakan dalam bela diri seni Capoeira, yaitu:

Capoeristas : Orang yang mempelajari atau berpartisipasi dalam Capoeira.

Jogo : permainan yang dimainkan oleh Capoeristi .

Roda : lingkaran manusia dalam Capoeira yang melambangkan lingkaran kehidupan manusia sebagai tempat ritual.

Baterai : Pemimpin dalam roda .

Jogador : Pemain dibutuhkan selama pertandingan.

Mestre : Pelatih Capoeira.

Abada : Seragam atau kostum yang dikenakan saat bermain Capoeira .

Cordao : sabuk yang dipakai Capoeristi selama kompetisi.